Categories
Seni Dan Hiburan

Terapi Seni Untuk Kesehatan?

APA ITU TERAPI SENI?

Terapi seni, sebagaimana didefinisikan oleh American Art Therapy Association, adalah penggunaan terapi membuat seni, dalam hubungan profesional, oleh orang-orang yang telah mengalami penyakit, trauma, atau tantangan yang telah menyebabkan berbagai tingkat disfungsi dalam hidup mereka. Terapi seni sangat membantu bagi orang yang mencari pengembangan pribadi melalui penciptaan seni dan merefleksikan karya seni mereka dan proses pembuatan seni. Melalui terapi seni, kesadaran diri yang meningkat meningkat. Diri yang muncul melalui penciptaan seni dalam terapi seni ditingkatkan dan distabilkan, memungkinkan seseorang untuk mengatasi tantangan, tekanan dan trauma. Proses pembelajaran diperkaya melalui penciptaan seni dan kenikmatan seni membuat meningkatkan kesadaran diri, kemampuan kognitif dan mendefinisikan kenikmatan hidup yang menegaskan seni.

American Art Therapy Association mempromosikan standar yang ditetapkan untuk pendidikan, etika, dan praktik terapi seni. Komite sukarelawan yang terdiri dari anggota dan ahli lainnya di bidang ini secara aktif bekerja pada urusan pemerintahan di tingkat nasional dan negara bagian, masalah klinis dan pengembangan profesional. Dedikasi Asosiasi untuk pendidikan dan penelitian berkelanjutan ditunjukkan melalui konferensi nasional tahunan, publikasi, kapasitas pembelajaran jarak jauh yang dalam pengembangan dan penghargaan nasional yang mengakui keunggulan dalam bidang terapi seni.

BAGAIMANA CARA TERAPI ART

Sepanjang sejarah, ekspresi Visual telah digunakan untuk tujuan penyembuhan, tetapi terapi seni tidak muncul sebagai profesi yang berbeda sampai tahun 1940-an. Pada awal abad ke-20, psikiater semakin tertarik pada karya seni yang dibuat oleh pasien dengan penyakit mental. Dan para pendidik menemukan bahwa ekspresi seni anak-anak mencerminkan perkembangan, emosi, dan pertumbuhan kognitif. Karya banyak seniman kontemporer pada waktu itu menggunakan gaya primitif dan seperti anak-anak untuk mengekspresikan perspektif dan disposisi psikologis (Dubuffet, Picasso, Miro dan Braque, misalnya.)

Pada pertengahan abad, rumah sakit, klinik, dan pusat rehabilitasi semakin mulai memasukkan program terapi seni bersama dengan teknik terapi verbal yang lebih tradisional, mengakui bahwa proses menciptakan seni meningkatkan pemulihan, kesehatan, dan kesejahteraan. Akibatnya, profesi terapi seni tumbuh menjadi metode komunikasi yang efektif dan penting, penilaian, dan perawatan anak-anak dan orang dewasa di berbagai rangkaian. Saat ini, profesi terapi seni telah menjadi penting dalam fasilitas kesehatan di seluruh Amerika Serikat dan di dalam psikiatri, psikologi, konseling, pendidikan, dan seni.

APA YANG DILAKUKAN TERAPI TERAPI ART?

Terapis seni, sebagaimana didefinisikan oleh American Art Therapy Association, adalah profesional tingkat master yang memiliki gelar dalam terapi seni atau bidang terkait. Persyaratan pendidikan meliputi: teori terapi seni, konseling, dan psikoterapi; etika dan standar praktik; penilaian dan evaluasi; teknik individu, kelompok, dan keluarga; pengembangan manusia dan kreatif; masalah multikultural; metode penelitian; dan pengalaman praktikum dalam lingkungan klinis, komunitas, dan / atau lainnya. Terapis seni terampil dalam penerapan berbagai modalitas seni (menggambar, melukis, patung, dan media lainnya) untuk penilaian dan perawatan.

Terapis seni adalah para profesional yang terlatih dalam seni dan terapi. Mereka memiliki pengetahuan tentang perkembangan manusia, teori-teori psikologi, praktik klinis, spiritual, tradisi multikultural dan artistik, dan potensi penyembuhan seni. Mereka menggunakan seni dalam perawatan, penilaian dan penelitian, dan memberikan konsultasi kepada para profesional yang bersekutu. Terapis seni bekerja dengan orang-orang dari segala usia: individu, pasangan, keluarga, kelompok dan komunitas. Mereka menyediakan layanan, secara individu dan sebagai bagian dari tim klinis, dalam pengaturan yang mencakup kesehatan mental, rehabilitasi, lembaga medis dan forensik; program penjangkauan masyarakat; pusat kesehatan; sekolah; rumah jompo; struktur perusahaan; studio terbuka dan praktik independen.

Seorang terapis seni membutuhkan lisensi untuk mempraktikkan terapi seni. Lisensi terapi seni berbeda dari satu negara ke negara.

APA MANFAAT DARI TERAPI ART?

Terapi seni membahas bagian otak yang sering berfungsi ketika bagian-bagian lain tidak berfungsi atau tidak berfungsi dengan baik.

Banyak yang dapat mengambil manfaat dari terapi seni, termasuk anak-anak yang dirawat di rumah sakit, remaja, dewasa dan orang tua. Selain itu, terapi seni bermanfaat bagi orang yang sakit mental. Dalam banyak kasus, mereka yang mengalami depresi, ketakutan dan kecemasan yang disebabkan oleh trauma atau tantangan perkembangan mengalami kesulitan untuk mengungkapkan perasaan mereka yang mendalam. Menciptakan seni sering memungkinkan mereka untuk mulai dilepaskan dari disfungsi mereka sendiri.

Para lansia, dan terutama pasien Alzheimer, yang menderita berbagai tingkat kehilangan memori, disfungsi waktu dan ruang akibat penuaan dapat merespons menggambar, melukis, dan membuat patung, serta mulai mengambil kendali dan mendapatkan kembali beberapa kemampuan yang hilang ini.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sesi terapi seni dengan orang tua telah mendorong daya ingat dan fungsi otak – gerakan kreatif telah mengurangi risiko jatuh dan kecelakaan dan mendorong keseimbangan dan gerakan. Museum Seni Modern di New York memiliki program yang disebut “Meet and MOMA.” Pada hari Selasa, ketika Museum biasanya ditutup, sekelompok pasien Alzheimer dan pengasuh mereka mengunjungi galeri. Stimulasi melihat dan mendiskusikan karya seni memperkaya kehidupan mereka dan merangsang mereka secara mental. Sejak berdirinya program ini, banyak pasien telah menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam memori, kesadaran kognitif dan ekspresi diri.

Terapi seni membantu para tahanan mengatasi kemarahan, ketakutan, dan kebencian mereka. Melalui penciptaan, mereka mulai melihat diri mereka sendiri dan menyadari apa yang memotivasi mereka untuk melakukan kejahatan. Dan seni membuat banyak kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang dapat memperkaya, tidak hanya kehidupan mereka, tetapi kehidupan orang lain.

Seni dan proses kreatif membawa keseimbangan, harga diri, dan kenikmatan bagi siapa saja yang ditantang oleh cacat mental atau fisik. Melalui proses kreatif, perasaan yang mendalam muncul dalam suasana yang lembut dan memelihara. Orang-orang dimungkinkan untuk memenuhi ketakutan, kecemasan, dan tantangan terburuk mereka dengan melakukan karya seni yang mengekspresikan tantangan itu. Ketika diidentifikasi, dilihat dan didiskusikan, seringkali proporsi yang luar biasa berkurang. Dalam sebuah kelompok, para peserta menyadari bahwa orang lain juga memiliki ketakutan dan masalah, sama seperti mereka. Gangguan makan dapat diatasi dan dalam beberapa kasus, disembuhkan dengan kreativitas karena penyebab gangguan sering tersembunyi dan muncul melalui karya seni.

BAGAIMANA CARA TERAPI ART

Terapi seni, aktif dalam lingkungan profesional, menciptakan perasaan diri, yang sering hilang pada manula, pasien Alzheimer atau mereka yang menderita penyakit mental. Stimulasi sensorik melalui seni mengisi di mana ada defisit rasa diri dan stimulasi sensorik. Ini terbukti melalui penggunaan setiap dan semua penggunaan bahan seni dan keterampilan, termasuk melukis, menggambar, warna air, kolase atau patung.

Misalnya, kolase menciptakan perasaan menyatukan kembali dan keterkaitan. Membuat kolase berkaitan dengan penjajaran gambar yang dapat diidentifikasi yang beresonansi dalam pengalaman individu dan dapat menjembatani kesenjangan komunikasi antara kecemasan atau ketakutan yang dirasakan seseorang dan dunia luar. Membuat seni eksternalisasi dan melalui diskusi dengan ahli terapi seni yang dapat menafsirkan apa yang dikatakan karya seni relatif terhadap perilaku dan tantangan pasien, pasien dapat mulai mengidentifikasi apa yang menghambat pemikiran mereka dan pertumbuhan seimbang.

Sebagaimana dibuktikan oleh Program Meet At MOMA, Alzheimer mempengaruhi bagian otak yang membuat kenangan. Lobus parietal dirangsang oleh seni. Ketika seorang pasien melihat sebuah lukisan, lukisan itu mendorong dialog dengan penonton. Pertanyaan dan interpretasi respon visual berkembang. Mereka yang tidak dapat mengingat nama mereka atau nama orang yang mereka cintai, sering dapat, berbicara tentang apa yang mereka lihat dalam sebuah lukisan dan menjadi jelas tentang interpretasi mereka sendiri terhadap lukisan itu. Seringkali ingatan dirangsang juga, dan hal-hal yang dilupakan datang ke dalam dialog.

Ketika orang-orang dalam terapi seni diberikan cat, pensil, tanah liat, atau bahan kolase, di sini dan sekarang, stimulasi aktif dimulai. Melalui kerja dengan tangan, imajinasi dirangsang dan, baru-baru ini ditemukan bahwa imajinasi akan ada di sana ketika bagian otak lainnya tidak berfungsi melalui penyakit progresif seperti Alzheimer.

Ada kebutuhan penting untuk mengeluarkan pikiran dan perasaan dengan cara tertentu, terutama pada remaja, dewasa, dan lanjut usia. Telah dibuktikan bahwa anak-anak yang masih sangat muda yang belum belajar bagaimana mengekspresikan diri secara lisan, akan mengambil krayon dan mulai menggambar secara alami. Orang yang lebih tua ditantang karena mereka bingung mengekspresikan diri, tetapi dapat menemukan keseimbangan dan pengayaan dalam melukis atau menggambar.

Terapi seni menunjukkan bahwa kreativitas adalah kebutuhan inti yang mendalam dalam diri kita semua dan bahwa membuat lukisan akan membantu kita mengingat, mengingat masa lalu yang telah dilupakan.

Ada nilai lain untuk terapi seni, juga. Orang-orang yang dilembagakan, orang-orang di penjara, panti jompo dan rumah sakit sering merasa mereka hanya nomor atau file. Terapi seni mengembalikan kepribadian mereka. Orang-orang ini diberikan kembali rasa kontrol atas kehidupan mereka bahwa mereka harus menyerah untuk pergi ke lingkungan yang dilembagakan.

Dan di rumah sakit, terutama bagi orang dengan diagnosis kanker – seringkali sangat sulit untuk membicarakannya. Seni memberi mereka kesempatan untuk mengekspresikan cara mereka merasakan, mengendalikan dan menyelaraskan perasaan mereka dan memberi mereka, melalui ahli terapi seni, sebuah perspektif tentang kehidupan mereka.

TERAPI ART PADA SKALA GLOBAL

Di Arab Saudi, program konseling psikologis dan keagamaan untuk militan telah dikembangkan dengan menggabungkan terapi seni untuk para Jihadis yang dipenjara. Program rehabilitasi yang sukses ini mulai beroperasi hari ini sebagai hasil dari komitmen Saudi untuk mengurangi produksi Jihadis yang tumbuh di rumah.

International Medical Corp menyediakan dukungan klinis bagi orang-orang di garis depan bencana dan menggunakan terapi seni untuk merehabilitasi korban perang, kelaparan, pergolakan politik, dan bencana alam.

National Geographic Society telah menyediakan kamera kepada orang-orang di Uganda untuk mengambil gambar hidup mereka dan mengatasi rasa sakit dan kehilangan yang mereka alami selama perang. Pada akhirnya, apa yang kami temukan adalah bahwa tidak ada yang selamat dari kecemasan, tantangan, dan faktor-faktor menakutkan dari kehidupan sehari-hari. Dan, ketika kita mulai menyadari bahwa kesehatan fisik dan kesehatan mental sering terintegrasi dan saling bergantung satu sama lain, peran terapis seni menjadi semakin penting dalam menangani kesejahteraan kita, pengembangan dan pemeliharaan kesejahteraan total kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *